Senin, 29 Juni 2009

JENIS DAN BENTUK PERIKLANAN

JENIS DAN BENTUK PERIKLANAN

JENIS DAN BENTUK PERIKLANAN

Secara teoritik umumnya iklan terdiri atas dua jenis ;

a. Iklan standard adalah iklan yang ditata khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa pelayanan untuk konsumen melalui sebuah media. Tujuannya merangsang motif dan minat para pembali atau pemakai.

b. Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang bersifat non profit, atau tidak mencari keuntungan akibat pemasangannya kepada khalayak.

Pembagian Secara Umum

1). Iklan tanggung jawab social.

Adalah iklan yang bertujuan untuk menyebarkan pesan-pesan yang bersifat informative, penerangan, pendidikan agar membentuk sikap warga masyarakat sehingga mereka bertanggung jawab terhadap masalah social dan kemasyarakatan tertentu. Co. iklan anjuran

2). Iklan Bantahan.

Iklan diajukan melalui media massa untuk membantah dan memperbaiki citra suatu produk yang namanya sudah tercemar dikalangan masyarakat akibat suatu informasi yang tidak benar.

3). Iklan Pembelaan.

Mirip dengan iklan bantahan namun iklan pembelaan merupakan iklan yang diajukan untuk membela keberadaan suatu barang, jasa, ide atau gagasan tertentu dari pengajuan atau klaim dari pihak yang lain terhadap suatu produk tertentu. Co. iklan pembelaan akan hak patent

4). Iklan Perbaikan.

Adalah iklan yang memperbaiki pesan-pesan tentang suatu produk tertentu yang terlanjur salah dan disebar luaskan melalui media massa.

5). Iklan Keluarga.

Adalah iklan yang pesan-pesannya merupakan pemberitahuan tentang terjadinya suatu peristiwa kekeluargaan kepada keluarga/khalayak lainnya.

6). Iklan Lowongan Kerja

adalah pesan -pesanya merupakan kebutuhan suatu perusahaan/ organisasi yang membutuh kan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Pembagian Secara Khusus.

Pembagian iklan secara khusus menurut Bovee di bagi sebagai berikut:

1). Iklan Berdasarkan khalayak Sasaran Psikografis.

Bahwa suatu biro iklan yang baik pasti akan mengelola pemasangan iklan secara professional. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah khalayak sasarannya.

Khlayak sasaran dapat digolongkan menjadi dua yaitu secara; Demografis ( usia, jenis kelamin, status social, pekerjaan, pendapatan )

Psikografis ( gaya hidup, motif membeli, sikap terhadap produk tertentu ) Iklan yang didasarkan pada khalayak sasaran dapat berupa khalayak yang berstatus konsumen dan Bisnis. Iklan untuk konsumen Adalah iklan yang secara khusus disebarluaskan melalui media massa tertentu untuk para pemakai suatu produk baik barang maupun jasa.

Iklan untuk Bisnis.

Adalah iklan yang diarahkan khusus kepada pelaku bisnis yang memiliki usaha dagang yang berkaitan dengan produk tersebut. Jika iklan konsumen disebarluaskan melalui media massa atau menggunakan media forum maka iklan bisnis mempunyai media khusus.

Iklan bisnis terbagi atas;

Iklan industri

Adalah iklan yang ditujukan kepada para industriawan. Iklan bisnis dagang. Adalah iklan yang ditujukan kepada para pedagang atau pengecer.

Iklan bisnis professional.

Adalah Iklan yang ditujukan kepada para professional, yang dimaksudkan professional adalah orang yang bekerja berdasarkan suatu etika dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu.

Tujuan iklan bisnis professional adalah;

1)Meyakinkan orang-orang /kalangan professional untuk secara langsung membeli produk untuk menunjang profesinya.

2)Mempengaruhi, menganjurkan kalangan professional supaya selanjutnya merekomendasikan produk itu supaya digunakan para kliennya.

3)Memberikan persuasi kepada orang yang lain supaya menggunakan produk itu secara perorangan.

2). Iklan Berdasarkan Khalayak Sasaran Geografis.

Jenis iklan ini diarahkan untuk menjangkau khalayak dalam suatu wilayah tertentu. Berdasarkan hal ini kita mengenal ;

Iklan Internasional

Iklan ini disalurkan media dengan tujuan untuk menjangkau khalayak apakah itu pembeli ataukonsumen yang terletak dalam wilayah negara lain.

Iklan Nasional

Iklan ini disebarkan oleh media dengan tujuan mencapai khalayak dalam suatu wilayah negara. Pesan-pesan iklannya dianggap tidak diperlukan oleh masyarakat negara lain.

Iklan Regional

Jenis iklan ini berusaha menyebarkan pesan tentang produk tertentu yang lebih cocok diterima oleh warga masyarakat dalam suatu wilayah tertentu. Co. produk untuk wilayah propensi tertentu yang berdekatan.

Iklan Lokal

Iklan yang memberikan penawaran barang, jasa, ide-ide dan gagasan yang khusus dibutuhkan oleh masyarakat dalam suatu wilayah yang lebih kecil.

3). Iklan Berdasarkan Penggunaan Media.

Penyebar luasan pesan iklan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk media, yaitu;

1. Media Cetak

Yang dimaksud media cetak adalah media massa seperti surat khabar, majalah, tabloid termasuk media cetakan khusus yang dibuat oleh perusahaan.

2. Media Elektronika

Media penyampian pesan melalui radio, televisi, video, film, internet dan sejenisnya.

Dalam kegiatan periklanan berkaitan dengan penggunaan media ini selanjutnya di kenal adanya iklan lini atas dan iklan lini bawah.

Iklan lini atas ( above the line)

1. Koran/Majalah

2. Televisi

3. Radio

4. Iklan luar ruang

5. Iklan transportasi

Iklan Lini bawah ( bellow the line)

1. Brosur

2. Leaflet dan sejenisnya.

3. Pameran dan sejenisnya.

4. Iklan tubuh

4. Iklan Berdasarkan Fungsi dan Tujuan

Setiap iklan memiliki fungsi dan tujuan tertentu, berdasarkan hal ini dapat di bagi menjadi;

1) Iklan tentang produk dan bukan produk

2) Iklan Komersial dan bukan komersial.

3) Iklan berdampak langsung - bukan berdampak langsung

5. Iklan udara dan sejenisnya.

2 komentar: