Jumat, 10 Juli 2009

COPYWRITING: PENGERTIAN, TUJUAN DAN MEDIA



Pengertian Iklan (W. S Pattis):

“Setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk dan jasa kepada seseorang /pembeli potensial ; mempengaruhi danmemenangkan pendapat publik untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan.”

Iklan memiliki bentuk berupa tulisan, gambar, film atau gabungan unsur-unsur tersebut. Pada tulisan iklan itulah kemudian dikenal dengan istilah Copywriting.

Latar Belakang

- Manusia Berbahasa Tulis

- Kebutuhan Informasi (tertulis)

Pengertian

Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan
yang paling persuasif yang dilatarbelakangi

kewiraniagaan yang kuat.

Tulisan itu harus mampu menarik perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), keyakinan

(conviction) dan tindakan (action). (Frank Jefkins).

Copy Writer, adalah:

Seseorang yang merencanakan, membuat dan mengevaluasi naskah untuk Print AdTV comm, Radio Comm, dan Aktivitas Below The Line (BTL)seperti : brosur, company profile, leaflet dsb.

Tujuan Copywriting

- Membentuk perilaku membeli.

- Terpenuhinya pesan penjualan.

Untuk mencapai tujuan maka Copywriting harus memiliki struktur bagan kata sebagai berikut :

1. Menggugah

2. Informatif

3. Persuasif

4. Bertenaga gerak

5. Memiliki Penyelesaian Akhir

Asas umum yang harus dipatuhi dalam Copywriting sesuai


dengan tata krama dan tata cara periklanan indonesia:

1. Harus Jujur, bertanggungjawab dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

2. Tidak boleh menyinggung perasaan dan merendahkan martabat negara, agama, susila, adat, budaya, suku dan golongan.

3. Harus dijiwai oleh asas persaingan yang sehat.

Komposisi Copywriting:

Copywriting yang ideal adalah copy yang memuat unsur-unsur pertimbangan :

1. Target audience

2. Konsep produk

3. Komunikasi Media

4. Pesan promo penjualan

Media Copywriting :

Copywriting merupakan tulisan berkarakter dimanapun ditempatkan, dimedia apapun, kesesuaian pemilihan kata sangat menentukan keberhasilan berpromosi.

Copywiriting yang menekankan pada mata misal media cetak harus memiliki eyes catcher, dimedia audio harus memanfaatkan kekuatan ears catcher dan media audio visual copywriting harus dapat memadukan kedua kekuatan mata dan telinga.

The Category of Copywriting

1. Print Ad (Iklan Cetak)

2. TV Commercial (Iklan TV)

3. Radio Commercial (Iklan Radio)

4. Below the Line

5. Advertorial

Print Ad

• Visual based, kekuatan ada pada Headline, copy dan visualisasi yang unik.

• Perlu ketelitian, karena jika sudah naik cetak, kesalahan penulisan bisa jadi masalah (No telp, nama, alamat, nilai, perhitungan)

TV Commercial

• Audio Visual based, kekuatan ada pada keyword dengan sound, sound effect dan visualisasi yang atraktif.

• Kemampuan imajinasi audio visual harus tinggi, tempatkan diri seperti penulis skenario film.

Radio Commercial

• Audio based, kekuatan ada pada keyword, conversation, monolog dengan sound dan sound effect yang atraktif.

•Kemampuan imajinasi harus tinggi. Membawa orang untuk membayangkan kejadian yang sebenarnya. Manfaatkan empathy.

Below The Line (BTL)

• Printing Materials: Copy Based, biasanya adalah keterangan detail dari aktivitas promosi Above The Line (ATL) sehingga banyak teks. Harus teliti dengan detail-detail keterangan.

• Outdoors: Visual & Copy Based, Headline (promise), Splash yg kuat, eyecatching. Tidak banyak teks.

• Theatre of mind

2 komentar:

  1. Koq tidak diterakan cara-cara membuat copywiting yang baik? Tapi terima kasih sudah memberikan informasi tentang copywriting. :)

    BalasHapus
  2. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of $250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of $250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius, call/whats-App Contact Number +918929509036 via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus